Definisi Pengertian Las Listrik

Apa sih Definisi atau pengertian dari Las Listrik? Sebagian orang mungkin belum mengetahui definisi atau pengertian dari Las listrik, namun pastinya banyak yang sudah mengetahui kegunaan dari teknik Las listrik, karena sebagian dari Anda pasti sudah sering menjumpainya disekitar Anda tentang pekerjaan yang menggunakan teknik las listrik. Dapat dikatakan bahwa teknik las listrik itu sangat membantu berbagai macam pekerjaan seperti pekerjaan konstruksi/ pembuatan dan perbaikan, yang mana hasilnya dapat kita temui disekitar kita. Nah berikut ini pengertian atau definisi dari Las Listrik:

Las Listrik
Teknik Las busur listrik atau pada umumnya biasa disebut teknik Las Listrik ialah salah satu cara/ metode menyambung logam besi dengan cara mengarahkan nyala busur listrik (elektroda) yang diarahkan ke permukaan logam besi yang akan disambung. Busur Listrik (elektroda) yang diarahkan tersebut nantinya akan mencair dan akan mengisi celah dari kedua logam besi yang akan disambung, sehingga menghasilkan penyambungan yang berlanjut.

Untuk elektroda sendiri ada tiga jenis yaitu elektroda polos, elektroda fluks dan elektroda berlapis tebal. 

  • Elektroda polos terbatas pada penggunaannya yaitu untuk las besi tempa dan baja lunak dan biasanya digunakan polaritas langsung. 
  • Elektroda fluks digunakan untuk menigkatkan mutu pengelasan menggunakan elaktroda polos. Fluks membantu melarutkan dan mencegah terbentuknya oksida-oksida yang tidak diinginkan. 
  • Elektroda berlapis tebal merupakan jenis yang paling banyak digunakan dalam berbagai jasa pengelasan seperti bengkel las.

Bagaimana cara elektroda yang digunakan Pada las busur/ listrik bisa menjadi penyambung logam? berikut ini cara kerja elektroda yang digunakan pada las listrik. Awalnya mesin las listrik mengalirkan arus listrik yang cukup besar tetapi dengan tegangan listrik yang aman (kurang lebih 45 volt), lalu busur listrik akan menimbulkan energi panas yang cukup tinggi mencapai suhu 5500 °C, sehingga akan mudah mencairkan logam yang terkena busur listrik tersebut. Sambungan terjadi karena kontak antara elektroda dan logam pengisi sehingga terjadi aliran arus, kemudian dengan memisahkan penghantar timbullah busur api yang membuat elektroda mencair dan diendapkan pada sambungan logam sehingga terjadi sambungan las.

♦ Baca Juga: Tentang Usaha Bengkel Las

Nah demikian Definisi dari Las Listrik yang biasa kami gunakan untuk memenuhi pekerjaan yang pengelasan di Bengkel Las kami. Apabila ada kekurangan dari definis di atas, bisa Anda lengkapi melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.