Pengertian Pengelasan

Apa itu Pengelasan? mungkin banyak dari kita yang masih belum mengetahui apa pengertian dari pengelasan. Pengelasan sendiri berasal dari satu suku kata yaitu Las. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia Las adalah penyambungan logam besi atau plat dengan cara membakar.

Dari definisi Las di atas dapat kita simpulkan pengertian dari pengelasan. jadi apa itu pengelasan? Pengelasan adalah sebuah teknik penyambungan 2 benda logam atau plat menjadi Satu dengan cara di panaskan hingga logam atau plat tersebut melebur lalu manjadi satu dengan atau tanpa Tekanan. Pengertian lainnya Yaitu suatu teknik penyambungan logam atau plat dengan cara mencairkan sebagian logam atau plat utama dengan logam atau plat pengisi dengan atau tanpa tekanan untuk menghasilkan sambungan yang berlanjut.

Nah dari penjelasan diatas jadi kita tahu bahwa Pengelasan itu adalah suatu Teknik dalam bidang Las. Penggunaan teknik pengelasan sangat luas yaitu dapat digunakan untuk berbagai ruang lingkup pekerjaan, meliputi Bengkel Las, kontruksi besi dan baja, Pembuatan fasilitas – fasilitas rumah, perkapalan, otomotif, rangka baja dan sebagainya.

Jenis – Jenis Pengelasan – Berdasrkan klasifikasi nya pengelasan dapat dibagi dalam tiga kelas utama yaitu : pengelasan cair, pengelasan tekan dan pematrian.

  1. Pengelasan cair adalah cara pengelasan dimana sambungan dipanaskan sampai mencair dengan sumber panas dari busur listrik atau sumber api gas yang terbakar.
  2. Pengelasan tekan adalah cara pengelasan dimana sambungan dipanaskan dan kemudian ditekan hingga menjadi satu.
  3. Pematrian adalah cara pengelasan dimana sambungan diikat dan disatukan dengan menggunakan paduan logam yang mempunyai titik cair rendah. Dalam hal ini logam induk tidak turut mencair.

Berikut ini beberapa metode pengelasan yang cukup banyak dipakai oleh beberapa bengkel las:

Las karbit adalah proses penyambungan logam dengan logam (pengelasan) yang menggunakan gas karbit (gas aseteline=C2H2) sebagai bahan bakar, prosesnya adalah membakar bahan bakar yang telah dibakar gas dengan O2 sehingga menimbulkan nyala api dengan suhu yang dapat mencairkan logam induk dan logam pengisi. https://id.wikipedia.org/wiki/Las_karbit

Las Listrik adalah proses penyambungan logam dengan panas yang memanfaatkan proses pelelehan dari perbedaan tegangan antara ujung tangkai las dengan benda yang akan di las menggunakan kawat elektroda. Prosesnya adalah dengan menempelkan kawat elektroda tersebut dengan benda logam yang ingin dikerjakan sehingga akan terjadi percikan bunga api permanen yang berasal dari arus listrik dan selama melakukan las listrik, tetesan elektroda lempengan logam berdiameter tertentu yang berjatuhan akan menjadi kumpulan cairan logam. https://id.wikipedia.org/wiki/Las_listrik

sekian penjelasan dari artikel saya tentang Pengertian Pengelasan di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sehingga menambah wawasan serta ilmu yang berguna untuk anda. kurang dan lebih nya saya ucapkan terima kasih. salam hangat Bengkel Las dan Tukang Las Metal Welding Indo Bekasi.

 

Please follow and like us:
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Babayz Komputindo
loading...